Pengenalan Macam Antena Wifi dengan Pengertian dan Fungsi Singkat yang Umum digunakkan pada Komputer Jaringan.
Antena dimanfaatkan menurut tinggi desibel dan luas jangkauan antena


  • Antena Omni :  memliki jangkauan 360 derajat meluas melingkari antena omni secara horizontal dan secara vertikal memiliki jangkauan setinggi antena secara  vertikal. memiliki frekuensi 2,4 Ghz. Omni biasanya paling sering digunakan untuk indoor tetapi juga bisa digunakan untuk outdoor.


  • Antena Flat dan Sektoral : Kedua antena ini biasa atau lebih cocok digunakan untuk outdoor dan juga bisa digunakan untuk outdoor. Dalam frekuensi sektoral memiliki 2,4 Ghz sedangkan Flat panel berfrekuensi 5-5,8 Ghz. Sektoral memiliki jangkuan 90 dan 120 derajat sedangkan flat lebih fokus kira2 10 derajat.
Antena Flat Panel (kiri) dan 
Antena Sektoral (kana)

  • Antena Grid : memilliki frekuensi 2,4 Ghz 5,8 Ghz dan memiliki jangkauan yang fokus seperti antena flat. Antena ini biasa digunakan untuk jaringan point to point jarak menengah
  • Antena Parabolik (Solid Disc) : memiliki fungsi dan frekuansi yang sama dengan antena grid, tetapi antena ini memiliki jangkauan lebih jauh dan lebih fokus  dibandingkan antena Grid. Antena Solid Disc biasanya digunakan untuk aplikasi point to point jarak jauh.




0 komentar:

Post a Comment

 
Top